MOTO ITJEN: MELAYANI DENGAN HATI BERTINDAK DENGAN LOGIKA

RSUD Leuwiliang Dukung Kesehatan Lansia melalui Senam dan Edukasi Obat

30 May 2024

RSUD LEUWILIANG - Dalam rangka peringatan Hari Lanjut Usia (Lansia) ke-28 dan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-542, RSUD Leuwiliang memanfaatkan momen ini untuk mendukung lansia agar tetap sehat dan bermartabat.

"Melalui kegiatan senam lansia dan edukasi kepatuhan minum obat, kami berkomitmen untuk memastikan para lansia menerima perawatan dan perhatian yang layak, sehingga mereka dapat menjalani masa tua dengan kualitas hidup yang baik," ujar Direktur RSUD Leuwiliang, dr. Vitrie Winastri, pada 28 Mei 2024.

Acara yang diselenggarakan di gedung baru RSUD Leuwiliang ini melibatkan komunitas "Spirit Sejalan", sebuah komunitas yang dibentuk khusus untuk pasien geriatri atau lansia di RSUD Leuwiliang. Komunitas ini bertujuan memberikan edukasi dan pelayanan khusus bagi para lansia.

"Senam lansia menjadi salah satu kegiatan utama dalam acara ini. Senam ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan fisik para lansia, membantu mereka menjaga kebugaran, dan memperbaiki keseimbangan tubuh," jelas dr. Vitrie.

Menurut dr. Vitrie, senam lansia juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Oleh karena itu, senam lansia harus dipandu oleh instruktur berpengalaman yang memahami latihan fisik untuk usia lanjut, sehingga peserta dapat mengikuti gerakan dengan aman dan efektif.

Selain senam, peringatan HJB dan Hari Lanjut Usia ini juga menjadi momen penting untuk memberikan edukasi kepada para lansia mengenai kepatuhan minum obat dengan menghadirkan para apoteker dari RSUD Leuwiliang.

Rira Noviarianti, S.Farm, menjelaskan pentingnya kepatuhan dalam minum obat secara rutin dan sesuai dosis yang diresepkan oleh dokter. Edukasi ini sangat penting karena banyak lansia sering lupa atau salah dalam mengonsumsi obat, yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan mereka.

"Tips praktis untuk membantu lansia mengingat jadwal minum obat antara lain menggunakan alat bantu pengingat, mencatat jadwal harian, atau meminta bantuan keluarga," kata Rira.

Rira juga menekankan pentingnya komunikasi antara pasien dan tenaga medis untuk memastikan bahwa pasien benar-benar memahami instruksi penggunaan obat.

Dia berharap kegiatan RSUD Leuwiliang kali ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan para lansia di Kabupaten Bogor dan berkomitmen untuk terus mendukung para lansia agar tetap aktif, sehat, dan mendapatkan perawatan terbaik.

"Semoga kegiatan RSUD Leuwiliang ini dapat menjadi inspirasi bagi komunitas lain untuk turut serta mendukung kesejahteraan lansia di Indonesia," pungkasnya.

Editor : Orion

Kategori Berita

Berita 2022 Berita 2021 Berita 2020 Berita 2023 rekrutment Berita 2024 rsudleuwiliang disdukcapil laundry SDIT Suwarna iwan setiawan BantuanBanjir KepedulianMasyarakat PelayananPrima JKN Penghargaan HUTRI77 InovasiPelayanan Perlombaan AkreditasiKesehatan KualitasPelayanan RujukanKesehatan PelayananParipurna DukunganPemkabBogor KesehatanMasyarakat RumahSakitPendidikan KemitraanPerguruanTinggi KualitasTenagaKesehatan BantuanMedis BantuanEkonomi Kemensos Kesejahteraan BolingBupatiBogor PengobatanGratis KecamatanLeuwiliang BPJSKesehatan TransformasiDigital InovasiRumahSakit PelayananKesehatan khitananmassal HKN59 BantuanHidupDasar edukasi cegahstunting HUTIDI Klarifikasi Ambulans HUTKorpri DeteksiKankerPayudara kesehatan HKN lansia pencegahan HIVAIDS mammografi dukungan FemalePlus dokterKOAS praktikdokter pendidikanmedis pelayananterbaik berobatmudah PelayananMedis ProfesiMedis PelayananIkhlas MotivasiKaryawan RumahSakit PelayananPasien PerhatianPersonal PelatihanBHD PolresBogor Berita2024 pembayaranpajak kpppratamaciawi KemitraanPendidikan Pelayanan Demokrasi PersiapanPilpres PersiapanPemilu SIKAWUNG StudiBandingRS Pemilu2024 TeknologiMedis KesehatanAnak InstalasiLaundry HariGinjalSedunia BerbagiTakjil Ramadhan EdukasiEpilepsi BerbagiSembako Kredensial KualitasLayanan Merajut Silaturahmi HukumKesehatan PatologiAnatomik LayananKesehatan PjBupatiBogor HJB542 KesehatanLansia HariBaktiDokterIndonesia PenyuluhanKesehatan Stunting DonorDarah EdukasiObat TBRO SholatIdulAdha Qurban Bidan HUTRSMelania

Jl. Raya Cibeber No.I, Cibeber I, Kec. Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16640

Kontak Kami

Phone: 0251-8643290
Fax: 0251-8643290
Email: rsudleuwiliang@bogorkab.go.id
Email Pengaduan: rsudleuwiliang@bogorkab.go.id
Meningkatkan pelayanan yang bermutu dan responsif Meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya rumah sakitMeningkatkan pengelolaan manajemen yang profesional, inovatif dan dinamisMengoptimalkan kerjasama dengan pihak ketiga dan mendukung program pemerintah daerah