MOTO ITJEN: MELAYANI DENGAN HATI BERTINDAK DENGAN LOGIKA

RSUD Leuwiliang Klarifikasi Terkait Pemulangan Jenazah Pasien dan Denda Rawat Inap BPJS Kesehatan

20 Mar 2025

BOGOR – RSUD Leuwiliang menegaskan komitmennya dalam memberikan pelayanan kesehatan yang profesional dan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Menanggapi pemberitaan yang menyebutkan adanya penahanan jenazah pasien akibat tunggakan biaya perawatan, manajemen rumah sakit meluruskan informasi tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman di masyarakat.

Direktur RSUD Leuwiliang, dr. Vitrie Winastri, menjelaskan bahwa pasien berinisial R (36) masuk ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Leuwiliang pada 18 Maret 2025 pukul 13.32 WIB dan mendapatkan perawatan sesuai prosedur medis. Pasien merupakan peserta BPJS Kesehatan yang sebelumnya memiliki tunggakan premi sejak Juli 2024.

"Berdasarkan keterangan dari keluarga, tunggakan premi telah dilunasi pada 1 Maret 2025. Namun, sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Presiden No. 64 Tahun 2020, pasien tetap dikenakan denda rawat inap yang harus diselesaikan sebelum Surat Eligibilitas Peserta (SEP) dapat diterbitkan," ujar dr. Vitrie pada Kamis (20/3/2025).

Pasien dinyatakan meninggal dunia pada 19 Maret 2025 pukul 10.43 WIB. Sesuai prosedur, pihak keluarga diarahkan ke loket jaminan untuk menyelesaikan administrasi, termasuk pembayaran denda rawat inap yang harus dibayarkan langsung ke BPJS Kesehatan. Saat dilakukan pengecekan sistem, denda tersebut belum dibayarkan sehingga SEP belum dapat dicetak.

"Rumah sakit telah memberikan penjelasan kepada keluarga pasien serta menawarkan opsi agar jenazah segera dipulangkan terlebih dahulu, sementara penyelesaian administrasi dapat dilakukan oleh kader yang mewakili keluarga. Namun, pihak keluarga memilih untuk menunggu kepastian administrasi sebelum membawa jenazah pulang bersama ambulans desa," tambah dr. Vitrie.

RSUD Leuwiliang menegaskan bahwa tidak ada penahanan jenazah yang dilakukan oleh rumah sakit. Keterlambatan pemulangan jenazah sepenuhnya merupakan keputusan keluarga pasien yang memilih untuk menunggu proses administrasi selesai.

"RSUD Leuwiliang selalu berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan yang profesional, transparan, dan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Kami juga memahami situasi duka yang dialami keluarga pasien dan berupaya memberikan pendampingan serta solusi yang terbaik," tegas dr. Vitrie.

Pihak RSUD Leuwiliang mengimbau masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh oleh informasi yang belum terverifikasi. Manajemen rumah sakit selalu terbuka untuk memberikan klarifikasi langsung kepada masyarakat maupun pemangku kepentingan terkait layanan yang diberikan.

 

 

Kategori Berita

Berita 2022 Berita 2021 Berita 2020 Berita 2023 rekrutment Berita 2024 rsudleuwiliang disdukcapil laundry SDIT Suwarna iwan setiawan BantuanBanjir KepedulianMasyarakat PelayananPrima JKN Penghargaan HUTRI77 InovasiPelayanan Perlombaan AkreditasiKesehatan KualitasPelayanan RujukanKesehatan PelayananParipurna DukunganPemkabBogor KesehatanMasyarakat RumahSakitPendidikan KemitraanPerguruanTinggi KualitasTenagaKesehatan BantuanMedis BantuanEkonomi Kemensos Kesejahteraan BolingBupatiBogor PengobatanGratis KecamatanLeuwiliang BPJSKesehatan TransformasiDigital InovasiRumahSakit PelayananKesehatan khitananmassal HKN59 BantuanHidupDasar edukasi cegahstunting HUTIDI Klarifikasi Ambulans HUTKorpri DeteksiKankerPayudara kesehatan HKN lansia pencegahan HIVAIDS mammografi dukungan FemalePlus dokterKOAS praktikdokter pendidikanmedis pelayananterbaik berobatmudah PelayananMedis ProfesiMedis PelayananIkhlas MotivasiKaryawan RumahSakit PelayananPasien PerhatianPersonal PelatihanBHD PolresBogor Berita2024 pembayaranpajak kpppratamaciawi KemitraanPendidikan Pelayanan Demokrasi PersiapanPilpres PersiapanPemilu SIKAWUNG StudiBandingRS Pemilu2024 TeknologiMedis KesehatanAnak InstalasiLaundry HariGinjalSedunia BerbagiTakjil Ramadhan EdukasiEpilepsi BerbagiSembako Kredensial KualitasLayanan Merajut Silaturahmi HukumKesehatan PatologiAnatomik LayananKesehatan PjBupatiBogor HJB542 KesehatanLansia HariBaktiDokterIndonesia PenyuluhanKesehatan Stunting DonorDarah EdukasiObat TBRO SholatIdulAdha Qurban Bidan HUTRSMelania Laporan E-LIBRARY contoh Elibray Makalah KARYA ILMIAH HUTRI79 KemerdekaanRI SemarakKemerdekaan JalanSehat PeringatanKemerdekaan PurnaTugas KepalaDinasKesehatan IstigosahKemerdekaan PuncakBogor MasjidAlJabal FunBikeBogor KirabBendera SatyalancanaKaryaSatya MobileJKN FastTrack PerawatanMedis EfisiensiLayanan KlaimAsuransi TeknologiKesehatan Berita 2025 informasi Berita 2025 Berita

Jl. Raya Cibeber No.I, Cibeber I, Kec. Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16640

Kontak Kami

Phone: 0251-8643290
Fax: 0251-8643290
Email: rsudleuwiliang@bogorkab.go.id
Email Pengaduan: rsudleuwiliang@bogorkab.go.id
Meningkatkan pelayanan yang bermutu dan responsif Meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya rumah sakitMeningkatkan pengelolaan manajemen yang profesional, inovatif dan dinamisMengoptimalkan kerjasama dengan pihak ketiga dan mendukung program pemerintah daerah